Thursday, January 1, 2015

Pentingnya sarapan pagi untuk kesehatan kita

Mengapa sarapan pagi itu penting untuk kesehatan???............Sarapan pagi memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita semuanya. yang perlu Kita ketahui bersama bahwa waktu di pagi hari adalah keadaan dimana manusia pada umumnya akan mengerjakan segala aktifitas sehari-harinya. Baik itu aktifitas memulai pekerjaannya, memulai aktifitas belajar, kuliah dan lain sebagainya. Untuk itulah perlunya kita bersama mengerti dan memahami akan pentingnya sarapan pagi bagi kita manusia.

1. Meningkatkan metabolisme tubuh.Sarapan sebenarnya berperan sebagai pengganti makanan pada waktu malam yang tak terisi ketika tidur juga sebagai asupan kebutuhan gula anda. Gula adalah sumber energi yang berasal dari karbohidrat makanan yang anda konsumsi, pada saat tidur tubuh Anda tidak diisi oleh makanan selama 9 jam, dan kadar gula tubuh akan menurun ke tingkat yang lebih rendah. Saat proses tersebut terjadi, tubuh Anda akan menggantinya dengan melepas kadar gula yang telah tertimbun di lapisan otot dan liver yang di sebut glycogenSehingga ketika Anda bangun di pagi hari, kadar gula dalam tubuh Anda tidak akan cukup untuk memberikan energi sepanjang hari, maka dari itu sarapan sangat dibutuhkan untuk mengganti kadar gula yang berkurang di malam hari.
2. Menambah nutrisi dan meningkatkan energi tubuh.Sarapan menyediakan proporsi asupan total nutrisi sepanjang hari secara signifikan dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi seperti zat besi, serat dan vitamin.
3. Mengontrol makan yang berlebih.Dengan sarapan baik, akan menjaga Anda dari rasa lapar, dan mencegah Anda untuk makan berlebih pada siang hari, hal ini sangat baik sekali untuk menjaga berat badan Anda.Makanan yang dikonsumsi pada saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi sepanjang hari. Jika Anda melewatkan waktu sarapan, itu akan membuat Anda merasa lapar dan cenderung memilih untukngemil sepanjang pagi hingga makan siang, hal tersebut dapat menyebabkan resiko peningkatan obesitas atau kegemukan.So fitness mania, berbagilah waktu sedikit untuk tubuh Anda, dengan memberikan sarapan makanan yang sehat agar Anda tetap mendapatkan stamina atau energi dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.
4. Mencegah Timbulnya Penyakit Lambung (Maag).Bila kita telah mempunyai riwayat penyakit maag, maka jangan sampai kita melupakan hal yang satu ini yaitu makan pagi. Karena dengan keadaan perut yang kosong maka hal ini akan merangsang peningkatan asam lambuh yang berakibat timbulnya dan kambuhnya penyakit maag yang kita derita. Bila tidak sempat sarapan pagi karena berbagai hal, hal ini bisa kita modifikasi dengan memakan roti yang mudah kita bawa ketika berangkat kerja.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Stres.Penelitian telah banyak membuktikan bahwa karyawan atau seseorang yang bekerja yang tidak sempat untuk menjalankan aktifitas sarapan pagi akan lebih cenderung rentan untuk mengalami stres. Sebaliknya, mereka yang menyempatkan diri untuk sarapan cenderung akan lebih siap dalam menjalankan pekerjaan serta lebih menikmati pekerjaannya tersebut.
6. Meningkatkan konsentrasi.Sarapan juga diketahui dapat memperbaiki kemampuan berpikir Anda dan menjaga Anda agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas.Selama tidur otak manusia tetap bekerja, dan membutuhkan asupan energi yang cukup, sehingga energi tersebut telah berkurang setelah Anda bangun. Maka diperlukan sarapan untuk mengembalikan energi otak yang berkurang sebagai “bahan bakar” untuk kembali bekerja.
jadi...jangan sampai melewatkan sarapan pagi ya teman-teman....hihi  :D
x

No comments:

Post a Comment